6. Pengiriman Dan Pembatalan
Dari payment ke preparing delivery
Dari preparing delivery ke on delivery (input AWB)
Pengecualian : Pembatalan otomatis tidak akan terjadi apabila Seller memberikan notifikasi keterlambatan melalui seller office
Dari on delivery (input AWB) ke product delivered

Type of Process |
Limitation Period |
Notes |
Payment - Preparing Delivery |
Lokal: 1 Hari Kerja
|
-
Notifikasi email mengenai pembatalan otomatis dikirimkan ke Seller 1 hari sejak tanggal pembayaran.
-
Pembatalan otomatis jatuh di hari ke-2 dari tanggal pembayaran untuk pengiriman dengan Kurir Lokal, sedangkan untuk pengiriman dengan Kurir Global pembatalan otomatis jatuh di hari ke-3.
-
Pembatalan berlaku bagi semua jenis Seller dan jenis pengiriman (Global/Lokal dan Kurir/Pengiriman Langsung).
-
Seller dengan pengiriman Kurir Lokal harus menerima pesanan sebelum hari ke-2 setelah pembayaran untuk menjaga proses pembelian.
-
Seller dengan pengiriman Kurir Global harus menerima pesanan sebelum hari ke-3 setelah pembayaran untuk menjaga proses pembelian.
|
Global: 2 Hari Kerja
|
Preparing Delivery - Input AWB |
Lokal: 2 Hari Kerja |
-
Notifikasi email mengenai pembatalan otomatis dikirimkan ke Seller 1 hari dari tanggal persiapan.
-
Pembatalan pesanan secara otomatis jatuh di hari ke-3 dari tanggal persiapan untuk Seller dengan pengiriman Kurir Lokal.
-
Seller dengan pengiriman Kurir Lokal harus memasukkan nomor resi melalui Seller Office sebelum hari ke-3 untuk menjaga proses pembelian.
-
Pembatalan pesanan secara otomatis jatuh di hari ke-6 dari tanggal persiapan untuk Seller dengan pengiriman Kurir Global.
-
Seller dengan pengiriman Kurir Global harus memasukkan nomor resi melalui Seller Office sebelum hari ke-6 untuk menjaga proses pembelian.
|
Global: 5 Hari Kerja |
Delivery (Input AWB) - Delivered |
Lokal: 2-3 Hari Kerja |
PENGIRIMAN OLEH KURIR
Apabila setelah 3 hari pesanan diterima tidak ada konfirmasi pembelian dari Buyer, secara otomatis sistem akan melakukan konfirmasi pembelian dan pencairan dana akan dilakukan pada setelah 2 hari kerja dari tanggal konfirmasi
PENGIRIMAN LANGSUNG
Konfirmasi pembelian secara otomatis sejak 3 hari setelah diinput tanggal penerimaan
|
Global: 60 Hari Kerja API dan Non-API |
Konfirmasi pembelian secara otomatis pada setelah 60 hari kalender setelah status berubah menjadi "Dalam Pengiriman"
|
Nomor Resi Tidak Valid
Untuk pengiriman dengan menggunakan partner kurir kami, apabila nomor resi yang dimasukkan tidak akurat, maka tidak akan terjadi pergantian status menjadi pengiriman selesai, sehingga tidak akan ada perubahan otomatis menjadi konfirmasi pembelian, kecuali dikonfirmasi oleh pihak Buyer.
Penggantian nomor resi hanya dapat dilakukan oleh Seller yang menggunakan partner kurir lokal. Nomor resi dapat diganti atau diperbaiki hanya 1 kali selama 2 hari kerja terhitung setelah Seller memasukkan nomor resi pertama kali.
Jika lewat dari batas waktu tersebut nomor resi yang dimasukkan tetap salah (AWB invalid) dan Buyer tidak mengonfirmasi pesanan, maka Seller harus menghubungi CS elevenia untuk memvalidasi nomor resi guna proses pencairan dana.
Batas waktu Seller menghubungi CS elevenia untuk memproses nomor resi yang salah ini adalah 21 hari kerja terhitung setelah Seller memasukkan nomor resi pertama kali. Jika dalam 21 hari kerja Seller tetap tidak menginformasikan nomor resi yang benar kepada CS elevenia, maka CS elevenia berhak membatalkan pesanan tersebut.
Apabila Seller menggunakan non partner kurir kami, Seller harus memilih kurir service dengan status paket yang bisa terlacak melalui kurir website tersebut.
Pengecualian:
Khusus untuk nomor resi tidak valid (AWB invalid) karena salah ketik, Seller diberikan kesempatan sekali lagi untuk memperbaiki nomor resi sebanyak 1 kali pada hari kerja ke-10 hingga hari kerja ke-12 setelah Seller memasukkan nomor resi pertama kali. Jika pada kesempatan ini Seller tetap salah memasukkan nomor resi, skor Seller akan dikurangi lagi dan Seller harus menghubungi CS elevenia untuk memproses lebih lanjut (lihat ketentuan di atas).
Untuk metode Pre-Order;
Seller harus memasukan tanggal ketika produk siap. Saat produk telah siap, kebijakan yang sama dengan metode normal akan dikenakan.
Untuk metode pengiriman langsung;
- Seller mengirimkan barang langsung ke pembeli dengan bukti penerimaan
- Seller harus menginput tanggal dan informasi penerimaan di system
- Email notifikasi bahwa barang telah diterima akan dikirimkan secara otomatis ke pembeli
- Pembeli harus melakukan konfirmasi pembelian bahwa barang telah diterima. Apabila tidak ada konfirmasi dari pembeli, maka system akan secara otomatis malakukan konfirmasi penerimaan setelah 3 hari kerja dari tanggal pengiriman email notifikasi.

Seller harus melakukan pengiriman dan memasukkan informasi pengiriman termasuk nama perusahaan pengiriman, nomor pelacakan, dll. melalui Seller Office dalam waktu 2 (dua) hari kerja setelah tanggal konfirmasi penerimaan perintah pengiriman. Jika Seller gagal melakukannya, elevenia dapat memotong Seller Score, dan memiliki kewenangan penuh untuk memberikan pilihan kepada Pembeli untuk membatalkan transaksi pada hari kalender pertama setelah hari kerja ke 7 (tujuh) setelah konfirmasi penerimaan perintah pengiriman. elevenia tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerugian kepada Seller sehubungan dengan pembatalan tersebut.
Jika terdapat permintaan dari pembeli untuk melakukan pembatalan pesanan, Seller harus merespon permintaan ini dalam sistem. Jika Seller tidak merespon pembatalan dalam 2 hari kerja sejak permintaan pembatalan, maka sistem akan melakukan pembatalan otomatis.
Untuk pengembalian dana, jika ada permintaan pengembalian dana dari Pembeli, Seller akan menerima email dan sms dari elevenia.co.id. Jika tidak ada respon dari Seller dalam sistem seller office dalam 4 hari kalender dari hari yang diminta, akan dianggap bahwa Seller setuju dan akan otomatis disetujui oleh sistem pada seller office.
Untuk pengiriman kurir, Seller harus menggunakan kurir yang sama yang dipilih oleh pembeli. Jika Seller gagal untuk melakukannya, elevenia akan mengurangi poin dan memiliki hak untuk membatalkan pesanan dan tanpa melalui proses klaim dari pembeli. elevenia dalam hal ini juga dapat melakukan penonaktifan produk Seller dari website.
Segala macam bentuk administrasi yang berkaitan dengan kegiatan proses pengiriman hanya dapat dan wajib dilakukan oleh Seller yang nama dan identitasnya terdaftar di elevenia. Pihak elevenia tidak menerima segala bentuk penunjukan kepada pihak ketiga atau vendor lainnya oleh Seller. Seller bertanggung jawab penuh terhadap nomor resi pengiriman untuk setiap pesanan di elevenia.
elevenia akan menyarankan kepada pembeli untuk melakukan pengiriman dengan menggunakan asuransi. Untuk pengiriman produk dengan menggunakan asuransi dan terjadi kehilangan barang, maka elevenia memiliki kondisi sebagai berikut:
- Apabila pembeli memilih menggunakan pengiriman berasuransi, tetapi penjual tidak mengirimkan menggunakan asuransi, elevenia akan melakukan refund kepada pembeli dan elevenia tidak melakukan pencairan dana kepada penjual.
- Apabila pembeli memilih menggunakan pengiriman berasuransi dan melakukan pengiriman menggunakan asuransi tetapi terjadi kehilangan barang, elevenia akan melakukan refund kepada pembeli dan Penjual harus melakukan claim kepada kurir dan elevenia tidak melakukan pencairan dana ke Penjual.
- Apabila system telah menyarankan pengiriman produk dengan menggunakan asuransi, tetapi pembeli memilih untuk tidak menggunakan asuransi maka elevenia akan memberikan pencairan dana ke Penjual. Nominal penggantian yang diberikan akan mengikuti kebijakan dari jasa ekspedisi yang digunakan.
- Apabila terjadi kehilangan maupun kerusakan terhadap seluruh ataupun sebagian dari produk yang dipesan, maka proses klaim ke pihak ekspedisi dapat dilakukan oleh pihak penjual, setelah proses pengecekan dilakukan oleh ekspedisi tersebut.
- Dalam hal adanya ketidaksepakatan atau perbedaan pendapat antara Penjual dan Pembeli mengenai hal ini, maka Ketentuan elevenia yang akan berlaku.
Pembeli berhak melakukan pengembalian/penukaran apabila menerima order dengan kondisi produk yang telah/mendekati tanggal kadaluarsa.
Produk kadaluarsa yang akan dikembalikan atau ditukarkan harus dalam keadaan utuh.
Seller dapat melakukan Penundaan Pengiriman atas Pesanan melalui Seller Office setelah status pembayaran selesai. Penundaan pengiriman Dapat dilakukan maksimum 14 (Empat Belas) hari kalendar. Pembeli diberi waktu 2 (Dua) hari kerja untuk memberikan persetujuan.
Pembeli berhak untuk tidak menyetujui pesanan tersebut. Apabila Pembeli tidak menyetujui maka akan terjadi proses pembatalan atas pesanan tersebut Dan Penjual diminta untuk tidak mengirimkan pesanan tersebut. Informasi Penolakan Pengiriman oleh Pembeli dapat dilihat melalui Seller Office di Menu Pembatalan.