Mengenai Puasa
Periode promo
02/06/2016 - 06/06/2018

Puasa dan Lebaran

Bulan puasa adalah bulan yang tepat untuk kita kembali mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Apalagi di bulan puasa ini pahala akan ibadah kita akan dilipatgandakan. Sehingga sangat disarankan bagi anda untuk rajin-rajin beribadah pada saat bulan puasa ini. Salah satu ibadah yang bisa anda lakukan pada saat bulan puasa ini adalah melakukan Sholat Tahajud. Karena Sholat Tahajud selain memberikan pahala yang berlipat-lipat ganda, sholat Tahajud juga akan memberikan rasa tenang dan damai pada diri anda.


Shalat Tahajud sendiri merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari, atau sekitar sepertiga malam setelah kita terjaga dari tidur. Jadi setidaknya kita harus tidur dulu pada malam hari dan bangun di tengah malam untuk melakukan sholat. Menurut ajaran Islam, sholat tahajud termasuk dalam shalat sunnat mu'akad, atau jenis sholat yang dikuatkan oleh syari'. Selain itu biasanya orang-orang yang melakukan shalat tahajud memiliki maksud dan tujuan yang mulia. Bisa ingin mengharapkan kesehatan, ingin dimudahkan dalam pekerjaan atau jodoh dan memohon sesuatu atau petunjuk dari Yang Maha Kuasa.

Tata Cara Sholat Tahajud

Lalu bagaimana tata cara sholat tahajud yang baik dan benar? Jika dilihat dari berbagai sumber, Sholat tahajud dapat dilakukan pada sepertiga akhir pada malam hari, atau antara pukul 2 pagi hingga menjelang waktu subuh. Walaupun beberapa alim ulama mengatakan bahwa Sholat tahajud dapat dilakukan kapan saja di malam hari, dengan syarat kita harus tidur dulu sebelumnya. Namun waktu terbaik untuk melakukan sholat tahajud adalah pada pukul dua pagi hingga menjelang subuh. Apalagi di bulan puasa ini, anda bisa melakukan sholat tahajud sekaligus dilanjutkan dengan melakukan sahur. Sehingga anda tidak perlu lagi mengalami terlambat bangun untuk sahur.


Salah satu syarat utama dalam melakukan sholat tahajud adalah tidur terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki niat sholat tahajud, maka anda bisa memulainya dengan tidur terlebih dahulu dan bangun pada sepertiga akhir malam, atau sekitar pukul 2 pagi. Setelah itu anda bangun dan melakukan wudhu dan dilanjutkan dengan memulai ibadah sholat tahajud. Saat sholat tahajud, berapa rakaat yang harus saya baca? Dalam menjalankan ibadah sholat tahajud bisa dilakukan dengan bacaan sholat sedikitnya dua rakaat, dan dengan maksimal rakaat tidak terbatas. Jadi kembali lagi kepada niat anda dalam melakukan sholat tahajud ini. Semakin besar niat suci anda itu, maka semakin baik pula sholat yang anda jalankan.

Manfaat Sholat Tahajud

Sebagai sholat yang memerlukan niat dan waktu khusus dalam menjalankannya, tidak heran jika sholat tahajud memberikan manfaat yang berlimpah bagi anda. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari melakukan sholat tahajud.

  • Yang pertama adalah membuat diri menjadi tenang damai. Sholat tahajud yang dilakukan pada suasana subuh yang tenang membuat diri kita menjadi tentram dan damai. Hati dan pikiranpun menjadi lebih tenang dan bersih.

  • Doa yang disampaikan pada sholat tahajud isha allah akan didengarkan dan dikabulkan. Sholat tahajud memerlukan niat dan tekad yang teguh dalam menjalankannya, tidak heran jika harapan dan doa yang disampaikan pada saat melakukan sholat tahajud ini lebih didengarkan oleh Allah SWT.

  • Sholat tahajud merupakan sholat yang dilakukan oleh orang-orang yang saleh atau soleha, karenanya iman dan ketaqwaan anda menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tidak heran jika orang-orang yang melakukan sholat tahajud akan dihapuskan dosanya dan dijauhkan dari keinginan untuk berbuat dosa.

  • Manfaat lainnya adalah anda menjadi semakin dekat dengan Allah SWT. Sebagai orang yang saleh dan disucikan pikirannya, setiap melakukan sholat tahajud maka anda akan semakin dekat dengan Yang Maha Kuasa. Mendekatkan diri kepada Allah pastinya akan membuat anda dilindungi dari segala kejahatan dan diberikan kesehatan serta kedamaian pada diri anda.

  • Melancarkan peredaran darah. Melakukan sholat di pagi hari memang memberikan anda asupan udara segar yang masih bersih dan belum tercemar, hal ini pula yang membuat anda dapat melakukan sholat tahajud dengan nyaman. Tidak hanya itu, gerakan bersujud pada saat melakukan sholat akan membantu anda dalam melancarkan peredaran darah menjadi lebih baik. Tidak heran jika setelahnya anda akan merasakan perasaan segar dan wajah lebih bersinar. Hal ini dikarenakan peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh anda menjadi lebih lancar.

Membayar Zakat Fitrah

Salah satu kewajiban yang harus anda lakukan di bulan puasa ini adalah zakat fitrah. Dengan melakukan zakat fitrah pada saat bulan puasa, hal ini juga akan meningkatkan pahala anda selama bulan ramadhan ini. Zakat ini wajib dilakukan bagi setiap individu baik laki-laki maupun perempuan yang telah berkecukupan baik makanan maupun hartanya sampai pada saat hari raya lebaran. Dengan melakukan hal ini, niscaya dengan seizin Allah Yang Maha Esa anda akan dikembalikan fitrahnya.


Kewajiban lain untuk zakat fitrah dilakukan jika anda memiliki anak yang lahir pada bulan ramadhan, tepatnya sebelum matahari jatuh pada akhir bulan ramadhan dan hidup selepas matahari terbenam. Bisa juga dilakukan bagi orang yang memeluk agama islam pada bulan ramadhan, atau bagi orang yang meninggal pada bulan ramadhan. Lalu bagaimana dengan besaran zakat fitrah tersebut? Jika dihitung-hitung zakat fitrah dilakukan dengan memberikan 3,5 liter atau sekitar 2,7 kilogram makanan pokok berupa beras. Umumnya yang diberikan berupa beras. Dan waktu yang diperbolehkan untuk melakukan zakat fitrah adalah pada saat bulan ramadhan sampai sebelum orang-orang selesai melakukan sholat idul fitri.

Zakat Mal

Selain Zakat Fitrah, ada juga Zakat mal. Zakat ini adalah zakat yang dibayarkan oleh pribadi yang sudah mencapai Nisab. Nisab ini adalah saat seseorang telah memiliki pencapaian harta dalam jumlah tertentu. Dan untuk syarat-syarat harta yang bisa dizakatkan adalah sebagai berikut.

  • Harta yang dizakatkan adalah harta yang dimiliki secara penuh oleh orang yang akan membayarkan zakat. Jika harta yang dimiliki merupakan kepemilikan bersama ataupun bukannya miliknya, maka harta tersebut tidak boleh di zakatkan.

  • Untuk harta anda yang memiliki potensi untuk berkembang. Artinya harta yang ada miliki seutuhnya ini memiliki potensi untuk terus memberikan penghasilan.

  • Orang-orang yang memberikan Zakat Mal adalah orang yang kepemilikan hartanya sudah melebih kebutuhan-kebutuhan pokok mereka.

  • Harta yang boleh dizakatkan adalah harta yang masa kepemilikannya sudah menjadi lebih dari satu tahun.

Ngabuburit Sambil Mendengarkan Musik

Jika anda sudah membayar zakat baik zakat fitrah ataupun zakat mal. Maka kewajiban anda sebagai umat muslim sudah terpenuhi dengan baik. Untuk itu anda bisa melakukan berbagai hal lain sambil menunggu saat berbuka puasa tiba. Jika anda senang mendengarkan musik, tidak adalah salahnya jika anda mengisi waktu ngabuburit anda dengan mendengarkan musik-musik kesayangan.


Mendengarkan musik ini selain memberikan rasa bahagia pada diri anda, juga akan membuat anda lebih bersemangat. Apalagi jika mendengarkan musik dengan aluran musik beat. Tidak hanya itu, pastinya ada juga memiliki playlist wajib buat ngabuburit yang selalu menemani anda. Karena terkadang ada jenis-jenis atau lagu-lagu tertentu yang lebih enak didengarkan pada saat ngabuburit saja, karena ada keterikatan batin antara lagu yang anda dengarkan dengan bulan ramadhan. Jadi apa saja yang anda lakukan saat ngabuburit kali ini?

Seru-seruan yuk dengan peta mudik elevenia! Klik PETA MUDIK elevenia untuk tahu lebih lengkapnya!




Halaman Penuh Informasi Lainnya:

Kesehatan Puasa

Puasa dan Lebaran

Tips Cantik Hijab

Resep Lebaran

Info Arus Mudik

Artikel Ramadhan Terbaru:

Lagu Religi Islami

Menu Sahur dan Buka Puasa

Model Fashion Lebaran

Tiket Pesawat Murah

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Highlight Produk

Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)