Kebijakan Pembatalan, Penukaran & Pengembalian Produk

1. Kebijakan Pembatalan


1.1 Pembatalan Pesanan

  1. Apabila dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak tanggal order pembelian belum dilakukan pembayaran atau tidak terdapat konfirmasi pembayaran oleh Pembeli ke elevenia, order akan secara otomatis dibatalkan.
  2. Jika terjadi Penundaan pengiriman oleh Penjual, Pembeli diberikan waktu 2 (Dua) hari kerja sejak pengajuan penundaan. Apabila lewat dari 2 (Dua) hari kerja tidak memberikan tanggapan, maka dianggap menyetujui penundaan tersebut. Pembeli dapat menolak Penundaan dengan cara klik "Konfirmasi Penundaan" melalui My elevenia. Selanjutnya, Pesanan akan diproses untuk pembatalan dan Pengembalian Dana (refund) akan diproses sesuai dengan metode pembayaran.
  3. Pembeli dapat membatalkan pembelian setiap saat sebelum order dalam status "Pesanan sedang diproses". Ketika order sudah dalam status "Pesanan sedang diproses", pembatalan akan mengacu pada persetujuan Penjual dan Ketentuan elevenia. (Penjual diberikan batas waktu maksimum 2 (dua) hari kerja untuk memberikan persetujuan atas pengajuan pembatalan dari Pembeli) Bila Penjual tidak memberikan response dalam waktu 2 hari kerja, maka system akan melakukan Pembatalan otomatis di hari ke-3 setelah tanggal permintaan pembatalan.
  4. Ketika order sudah dalam dalam status "Pengiriman", maka proses pembatalan dapat dilakukan dengan proses pengembalian produk dengan mengacu pada Kebijakan Pengembalian di elevenia.
  5. Apabila tidak terdapat konfirmasi pengiriman dari Penjual dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak Pesanan sedang diproses oleh Penjual, maka Pembeli berhak mengajukan pembatalan untuk pengembalian dana.
  6. Proses pembatalan dapat dilakukan secara online di website melalui halaman My elevenia.
  7. Penjual dapat membatalkan pesanan sebelum status pesanan dalam pengiriman apabila produk yang di order telah kosong (Out of stock), kesalahan informasi harga dan bila ada cacat produk/ produksi.
  8. elevenia berhak membatalkan pesanan apabila ditemukan adanya transaksi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap saat tanpa pemberitahuan sebelum order dalam status "Pesanan sedang diproses". Apabila order sudah berada dalam status "Pesanan sedang diproses" elevenia akan menghubungi penjual untuk proses pembatalan ini.
  9. elevenia berhak membatalkan pesanan bila pihak penjual belum memproses atau mengirimkan pesanan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh elevenia.
  10. Pembatalan tidak dipungut biaya apapun.
  11. Dalam hal adanya ketidaksepakatan atau perbedaan pendapat antara Penjual dan Elevenia mengenai pembatalan ini, maka adalah Ketentuan elevenia yang berlaku.

1.1.1 Pembatalan Pesanan secara Otomatis untuk Pengiriman Domestic


1.1.2 Pembatalan Pesanan secara Otomatis untuk Pengiriman Luar Negeri/Global


1.2 Ketentuan Poin Atas Pembatalan Pesanan

  1. Kredit Poin yang telah digunakan untuk pembelanjaan akan dikembalikan ke Kredit Poin Pembeli (untuk Member).
  2. Reward Poin dan Token yang didapatkan pada saat pembelanjaan akan secara otomatis dikurangi dari poin Pembeli (untuk Member)
  3. Reward Poin yang telah digunakan sebagai potongan diskon tidak dapat dikembalikan.

1.3 Pengecualian untuk Pembatalan

Setelah adanya konfirmasi pembayaran atas pembelian yang dilakukan, pembatalan TIDAK berlaku untuk kategori produk-produk dibawah ini:
  1. Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized)
  2. Ticket, Hotel Reservation & Vouchers (i.e. Airline Tickets, Concert Ticket)


2. Kebijakan Penukaran & Pengembalian

2.1 Penukaran / Pengembalian Produk

  1. Pembeli dapat mengajukan permintaan penukaran atau pengembalian produk atas pesanan dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal penerimaan produk dan Sehubungan dengan pengembalian produk, peraturan dan kebijakan yang terkait atas hal tersebut berlaku diatas syarat & ketentuan dari Penjual.
  2. Pengajuan penukaran atau pengembalian produk mengacu kepada persetujuan Penjual.
  3. Proses pengajuan penukaran atau pengembalian produk dapat dilakukan secara online di website melalui halaman myelevenia atau dapat menghubungi Customer Service elevenia untuk bantuan.
  4. Pengajuan permintaan penukaran atau pengembalian produk yang diajukan lebih dari jangka waktu 3 (tiga) hari setelah tanggal penerimaan produk tidak dapat lagi diproses oleh elevenia.
  5. Penjual wajib menanggapi permintaan penukaran atau pengembalian produk dengan memberikan persetujuan atau penolakan atas hal tersebut dalam jangka waktu waktu 1 (satu) hari kerja. Apabila Penjual lalai untuk melakukannya, secara otomatis elevenia akan melanjutkan proses penukaran atau pengembalian produk tersebut ke pihak Pembeli.
  6. Proses Penukaran atau pengembalian produk ke pihak Penjual dapat dilakukan setelah Penjual memberikan persetujuan
  7. Setelah permintaan penukaran atau pengembalian produk telah disetujui oleh Penjual, maka Pembeli dapat mengirimkan kembali produk yang ingin ditukarkan atau dikembalikan ke alamat Penjual.
  8. Setelah Penjual menerima kembali produk dari Pembeli, Penjual akan memeriksa kondisi produk, beserta pengembalian hadiah gratis yang diberikan atas pembelian (jika ada, dll). Apabila ada alasan yang dapat dibenarkan, Penjual dapat menolak penukaran atau pengembalian.
  9. Proses pengembalian dana atas pengembalian produk akan dilakukan setelah Penjual menerima produk yang ditukar atau dikembalikan.
  10. Jika Penjual tidak merespon dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal pengembalian produk, pembeli dapat menghubungi pusat Layanan Pelanggan elevenia untuk meminta pengembalian dana. Atas permintaan ini, pusat Layanan Pelanggan elevenia akan melakukan konfirmasi kepada Penjual dan melanjutkan proses pengembalian dana.
  11. Untuk penukaran Produk karena cacat/kerusakan atau pada Produk yang salah/berbeda yang telah dikirim, Pembeli harus mengirim kembali produk yang telah dibeli kepada Penjual terlebih dahulu, kemudian Penjual akan mengirimkan kembali Produk yang benar kepada Pembeli.
  12. Penjual wajib menggunakan perusahaan pengiriman yang menyediakan sistem pelacakan dan Penjual harus menginformasikan nomor pelacakan/Airwaybill kepada pembeli.
  13. Dalam hal adanya kesalahan atau masalah keamanan sehubungan dengan Produk tersebut, Penjual wajib melakukan proses penarikan atas keseluruhan Produk dan persediaan yang ada, termasuk perbaikan, penukaran, pengembalian dana, dan semua biaya yang timbul akan ditanggung oleh Penjual.
  14. Dalam hal adanya ketidaksepakatan atau perbedaan pendapat antara Penjual dan Elevenia mengenai penukaran atau pengembalian produk ini, maka adalah Ketentuan elevenia yang berlaku.

2.2 Biaya Pengiriman Penukaran atau Pengembalian Produk

Segala biaya pengiriman atas penukaran atau pengembalian produk akan ditanggung oleh pihak terkait sesuai dengan kondisi dibawah ini:
  1. Ditanggung oleh Pembeli, dalam hal pengembalian dikarenakan pembeli berubah pikiran/ keinginan pembeli.
  2. Ditanggung oleh Penjual, di mana pengembalian ini disebabkan oleh cacat pada Produk, keterlambatan pengiriman oleh Penjual dan/atau penyerahan Produk yang salah atau berbeda.

2.3 Syarat dan Ketentuan untuk Penukaran atau Pengembalian Produk

  1. Produk yang ditukarkan atau dikembalikan harus dalam kondisi yang sama pada saat diterima Pembeli. Termasuk kemasan dan tag label (Jika ada)
  2. Produk harus dalam kondisi yang baik, bersih dan belum dipergunakan.

2.4 Pengecualian untuk Penukaran atau Pengembalian Produk

Pembeli tidak diizinkan untuk mengembalikan atau menukarkan produk yang termasuk dalam kategori di bawah ini, kecuali Produk rusak, tidak berfungsi atau telah mengalami kesalahan pengiriman :
  1. Produk yang dikirimkan dari luar negeri.
  2. Gadget dan Elektronik
  3. Lingerie dan pakaian dalam
  4. Pakaian Renang
  5. Produk Kecantikan
  6. Wewangian
  7. Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized)
  8. Tiket, Reservasi Hotel & Voucher, termasuk tapi tidak terbatas pada tiket pesawat, tiket konser.
  9. CD & DVD
  10. Makanan, termasuk yang bertahan dengan pengawet dan tanpa pengawet.
  11. Service produk (asuransi).


2.5 Skema Penukaran Produk


2.6 Skema Pengembalian Produk



3. Prosedur pelaporan produk yang tidak diterima

3.1 Laporan produk tidak sampai:


3.2 Tanggung Jawab


3.3 Skema Pelaporan Produk yang Tidak Diterima



4. Pengembalian Dana (Refund)

4.1 Definisi Pengembalian Dana.

Pengembalian dana dilakukan atas pembatalan produk setelah pembayaran pesanan, kelebihan pembayaran, tidak terkirimnya pesanan dan pengembalian produk.


4.2 Metode Pengembalian Dana.

Pengembalian Dana (refund) dilakukan berdasarkan metode pembayaran sebagai berikut:

4.3 Penarikan Poin.

Pengembalian dana atas pembatalan pesanan, dapat Anda temukan di My elevenia dalam bentuk kredit poin yang dapat dicairkan ke Rekening Anda.
  • 4.3.1

    Minimum Penarikan kredit poin Rp. 10.000,-

  • 4.3.2

    Pastikan Anda mengisi detail Rekening dengan benar agar pencairan dapat terproses.

  • 4.3.3

    Proses pencairan poin ke Rekening tujuan ada 2 tahapan:


  • Customer Support close

    Call Center : 1500 211

    (Tanpa Kode Area)