Makanan Khas Bandung yang Sehat: Siomay

Siomay adalah salah satu makanan yang berasal dari Tiongkok atau China. Makanan ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para pedagang dari Tiongkok yang menuju Indonesia. Makanan ini dijual hampir di seluruh daerah di Indonesia. Awalnya siomay ini berbahan dasar cincangan daging babi dan juga tepung. Dalam resep masakan China, siomay adalah cincangan daging babi yang dibungkus dengan kulit yang tipis dari tepung terigu. Bentuk siomay dari China ini adalah silinder dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Orang China menikmati siomay dengan cuka atau kecap asin saja. Namun oleh masyarakat Indonesia makanan ini dirubah bahan dasarnya yakni menggunakan ikan atau udang. Penyajian dari siomay ini ditemani dengan saus kacang sama seperti Batagor. Selain itu ditambahkan pula dengan bahan-bahan lain seperti kol, telur rebus, tahu putih direbus, kentang rebus, dan juga pare rebus. Rasanya yang enak dan mengenyangkan bisa menjadi alternatif penghilang rasa lapar. Siomay akan semakin nikmat jika bumbu kacang yang digunakan sebagai saus atau siramannya sedikit pedas atau ditambahkan sambal sebagai pelengkap agar semakin  nikmat.

Mengapa Harus Membeli Siomay?

Siomay merupakan salah satu makanan khas Bandung yang menyehatkan dan memiliki banyak manfaat. Seperti yang kita tahu bahan dasar dari siomay adalah ikan dan udang, dari sini sudah dapat kita lihat kandungan di dalam siomay ada protein dan omega 3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Masih ada kandungan yang ada dari pelengkap siomay itu sendiri seperti kembang kol, sayuran ini memiliki kandungan vitamin c dan rendah kalori serta kaya akan serat. Tahu sendiri juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker, mengobati diabetes dan juga kolesterol. Sedangkan bahan pelengkap selanjutnya yaitu kentang yang bermanfaat untuk kesehatan pada sistem pencernaan juga mengurangi resiko kanker. Sedangkan pare mengandung momordisin, saponin, dan alkaloid yang berfungsi sebagai anti radang dan menyembuhkan infeksi cacing di saluran pencernaan, serta dapat juga menghambat tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Pada intinya, siomay merupakan salah satu makanan sehat yang patut kita konsumsi.

Macam-macam Siomay

Dalam kuliner Indonesia, terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan daging untuk isiannya. Ada siomay yang berbahan dasar ikan tenggiri, ada yang menggunakan bahan dasar ayam, ada juga yang berbahan dasar udang, serta ada pula yang menggunakan kepiting dan tongkol sebagai bahan dasar siomay. Saat ini siomay tidak lagi dibungkus dengan tepung terigu melainkan menggunakan kulit pangsit dan dimasak dengan cara dikukus.

Harga Siomay

Sekarang ini sudah tersedia siomay dalam bentuk makanan cepat saji atau instan. Sehingga sekarang sudah tidak harus jauh-jauh pergi ke Bandung dahulu untuk menikmati makanan khas ini. Meski dalam kemasan instan rasa siomay tersebut tidak berubah dan tetap melestarikan ciri khas yang sudah ada.

Dapatkan Siomay di elevenia

Penikmat siomay kini tidak hanya di Bandung saja. Seluruh pecinta kuliner dari seluruh pelosok daerah di Indonesia sudah menjadi penggemar setia Siomay. Siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan jajanan yang nikmat satu ini. Kini Anda bisa merasakan kenikmatan ini Siomay dengan belanja di elevenia, karena elevenia menyediakan banyak pilihan siomay instan yang bisa Anda beli dengan mudah dan praktis. Dapatkan promo dan harga yang lebih murah dengan membeli Siomay di elevenia.

Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)