Selamat Hari Raya Idul Fitri[02/06/2016 ~ 06/06/2018]

Ucapan Idul Fitri

Idul Fitri 2016 akan jatuh pada 6 dan 7 Juli, di mana hari raya ini mengalami kemajuan 11 hari dari Idul Fitri 2015 lalu. Seperti yang kita ketahui momen idul fitri adalah momen yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim. Karena pada hari itu umat muslim merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama 30 hari lamanya. Sehingga pada saat lebaran tiba, seluruh umat muslim akan merayakannya dengan sedemikian rupa. Berbagai cara dilakukan dalam merayakan hari kemenangan tersebut, ada yang dilakukan dengan keliling kota sambil memainkan beduk takbiran pada malam sebelum lebaran tiba. Ada pula yang menyalakan kembang api dan masih banyak lagi. Pada saat lebaran tiba perayaan masih berlanjut dengan melaksanakan sholat Ied bersama keluarga, kemudian dilanjutkan dengan bermaaf-maafan dan menikmati hidangan lebaran.

Salah satu aktivitas yang juga cukup marak dilakukan pada saat idul fitri adalah saling mengirim ucapan lebaran. Tradisi yang satu ini memang selalu menjadi tradisi yang dilakukan dari tahun ke tahun. Dimana masing-masing dari kita mengirimkan ucapan kepada teman atau keluarga menjelang atau pada saat hari lebaran. Makna dari saling mengirim ucapan hari raya Idul Fitri ini dilakukan umumnya untuk meningkatkan tali silahturahmi antar sesama.

Berbagai Model Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Zaman ke Zaman

Sebenarnya model saling mengirim kartu lebaran yang berisi ucapan selamat lebaran sudah berlangsung sejak lama. Mulai dari zaman kartu ucapan lebaran yang berisi gambar ucapan idul fitri serta diiringi dengan kutipan-kutipan cantik, dimana biasanya kita akan pergi ke toko dan mencari-cari kartu lebaran dengan desain yang cantik dan unik untuk dibeli. Sampai model mengirim kata-kata lebaran atau ucapan selamat hari raya idul fitri secara elektronik, dimana kita hanya perlu merangkai kata, atau mendesain sendiri gambar ucapan idul fitri untuk kemudian dikirim langsung melalui handphone kita.


Namun selain daripada itu, sebenarnya masih ada beberapa cara yang orang-orang lakukan dalam mengirimkan ucapan idulfitri. Dan beberapa cara ini sebelumnya atau sekarangpun masih eksis dan

sering digunakan oleh masyarakat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa model ucapan selamat idul fitri dari yang pernah ada.

  • Kirim SMS

Ini mungkin merupakan jenis media yang paling umum dan pernah menjadi hits dalam mengirimkan ucapan idul fitri pada era tahun 2000-an. Karena metode ini membuat anda bisa mengirim ucapan selamat idul fitri dengan cepat dan mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa ratus rupiah saja untuk mengirimnya. Kelemahan dari metode ini adalah ucapan yang dikirimkan cenderung hanya berupa teks SMS saja. Sehingga biasanya malah terkesan tidak special. Tidak hanya itu, jika ingin mengirimkan ucapan ke banyak orang, maka anda harus siap-siap menghabiskan pulsa yang lumayan banyak. Apalagi kalau ucapan lebarannya ditulis lebih dari 160 karakter.

  • Kirim Kartu Ucapan

Cara berkirim ucapan hari raya Idul Fitri yang satu ini bisa dibilang adalah cara yang paling lama namun masih dilakukan sampai sekarang. Modelnya adalah anda mengirim ucapan selamat idul fitri dalam kartu ucapan dengan desain yang menarik. Untuk melakukan cara seperti ini sudah pasti anda harus membeli kartu ucapan lebaran dan mengirimkan beberapa hari sebelum hari lebaran tiba. Kelebihannya, ucapan yang akan dikirimkan akan lebih terasa spesial dan personal, karena dikirim dalam kartu ucapan yang didesain khusus. Kelemahannya mungkin waktu pengiriman yang bisa beberapa hari.

  • Mengirim Parcel

Untuk cara yang satu ini memang masih ramai dilakukan sampai sekarang. Dimana anda mengirimkan ucapan selamat idul fitri dalam bentuk bingkisan yang berisi barang-barang atau hadiah. Barang-barang yang dikirim dalam Parcel bisa berbagai macam. Mulai dari makanan ringan, perabotan rumah tangga, bahkan kumpulan gadget. Memang terkadang budaya kirim mengirim parcel bisa dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan kelas soal atau status seseorang. Hal tersebut bisa dilihat dari isi parcel yang dikirimkannya. Untuk mengirim parcel diperlukan beberapa tahap, mulai dari membeli barang-barang isian parcel, keranjang parcel, dan biaya pengiriman parcel. Waktu pengirimannya juga harus dilakukan sebelum hari lebaran tiba, supaya mencegah parcel diterima beberapa hari setelah lebaran.


  • Kirim Lewat Media Sosial

Cara ini pastilah menjadi cara mengirim ucapan hari raya yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Bahkan saat lebaran 2015 atau idul fitri 2015, cara mengirim ucapan lebaran dengan menggunakan media social menjadi cara yang paling banyak dilakukan.

Keuntungan utama yang didapat dengan menggunakan cara seperti ini adalah anda bisa mengirimkan Kartu Ucapan Digital dengan desain-desain cantik ke siapapun dalam waktu yang relatif singkat. Model pengiriman ucapan lebaran di media sosial muncul sejak kehadiran berbagai media sosial seperti Facebook & Twitter. Jika tidak mau repot mengirim satu persatu ucapan  lebarannya, anda bisa menguploadnnya dan melakukan tag pada sejumlah teman-teman anda, agar mereka mengetahuinya.


  • Kirim Lewat Instant Message

Model mengirim ucapan lebaran yang satu ini merupakan evolusi dari metode pengiriman ucapan lebaran lewat SMS, dimana anda mengirim ucapan lebaran aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, BBM dan lainnya. Dan model yang satu ini adalah yang sekarang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Kelebihannya sudah pasti jauh lebih baik. Jika di SMS anda hanya bisa mengirim kata-kata, atau rangkaian simbol yang dibentuk menjadi sebuah gambar. Dengan Instant Message anda bisa mengirim ucapan lebaran dengan Desain gambar yang menarik, atau dalam bentuk pesan suara dan video. Kemudian jika dengan SMS anda akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk mengirim pesan ke semua orang, dengan Instant message anda tidak perlu khawatir. Karena biaya yang diperlukan untuk mengirim kartu ucapan lebaran ke banyak orang sekaligus jauh lebih sedikit dengan efektifitas pengiriman pesan yang lebih baik.

Yang Penting Niatnya!

Dari semua model kirim kartu ucapan yang telah disebutkan, semua bisa anda pilih sesuai dengan kemauan anda. Namun yang penting dari semua ini sebenarnya adalah niat anda dalam mengirimnya. Lebih baik jadikan aktivitas mengirim ucapan lebaran sebagai ajang silahturahmi atau mengakrabkan diri dengan sesama, bukan sebagai ajang saling pamer dan lain sebagai. Jadi, dari semua model kirim ucapan lebaran yang telah disebutkan diatas, model yang mana yang paling anda sukai?

Seru-seruan yuk dengan peta mudik elevenia! Klik PETA MUDIK elevenia untuk tahu lebih lengkapnya!




Halaman Penuh Informasi Lainnya:

Kesehatan Puasa

Puasa dan Lebaran

Tips Cantik Hijab

Resep Lebaran

Info Arus Mudik

Artikel Ramadhan Terbaru:

Lagu Religi Islami

Menu Sahur dan Buka Puasa

Model Fashion Lebaran

Tiket Pesawat Murah

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)