Panduan Aneka Resep Kue & Sayur untuk Lebaran[02/06/2016 ~ 06/06/2018]

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Membuat Kue dan Sayur

Momen Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu setelah bulan puasa. Karena selain pada hari tersebut akan merayakan idul fitri bersama keluarga tersayang, kita juga akan disuguhi dengan berbagai sajian makanan yang khusus disajikan pada saat lebaran. Mulai dari Ketupat, Opor Ayam, Kue Nastar dan masih banyak lagi.


Memang Ketupat dan Opor Ayam telah menjadi menu utama, atau bisa dibilang yang selalu ada pada saat lebaran. Karena mungkin Resep Opor Ayam, Resep Ayam Kecap dan Resep Ayam lainnya sudah banyak di-share atau mungkin sudah banyak yang mengetahui. Namun disini yang akan kita coba bahas adalah panduan dalam membuat kue ataupun sayur pada saat lebaran.

Membuat Kue

embuat kue untuk lebaran memang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Karena siapa sih yang tidak menyukai kue pada hari lebaran. Berbagai jenis kue mulai dari kue nastar, kue putri salju, dan berbagai kue kering lainnya akan hadir sebagai cemilan untuk lebaran nanti.


Dalam proses pembuatannya, kue kering memang memerlukan beberapa teknik tertentu. Seperti yang terdapat di berbagai resep kue, seperti resep kue kastangel, resep nastar keju, resep kue putri salju, Resep kue semprit,  dan resep kue kering lainnya. Karena membuat kue kering memiliki metode yang berbeda dengan membuat kue basah.

Penggunaan peralatannya pun juga tidak sama dengan peralatan yang dipakai untuk membuat kue basah. Untuk itu anda bisa mengikuti beberapa panduan di bawah ini:

  • Hal yang paling penting adalah anda telah memastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan dalam kondisi serta kualitas terbaik. Hal ini nantinya berpengaruh pada rasa dan hasil akhir dari kue yang akan anda buat.

  • Tepung terigu sebagai bahan utama dalam membuat sebaiknya disaring terlebih dahulu. Penyaringan tepung terigu ini berguna untuk memberikan tepung yang benar-benar halus dan bersih. Apalagi nantinya tepung ini akan disatukan dengan bahan-bahan lain seperti cokelat bubuk, tepung maizena dan masih banyak lagi. Bila perlu anda bisa menjemur tepungnya terlebih dahulu agar tepung benar-benar kering, halus dan tidak lembab berjamur.

  • Untuk alat-alat yang dibutuhkan persiapkan dengan baik dan benar. Seperti menggunakan mangkok atau wadah untuk pembuatan kue, pilihlah mangkok atau wadah yang terbuat dari baja anti karat ataupun dari kaca. Pemilihan wadah atau loyang dengan bahan seperti ini berguna agar pada saat proses pengocokan dengan menggunakan mixer, lapisan wadah tidak tergores atau rusak.

  • Untuk penggunaan loyang, membuat kue kering membutuhkan loyang dengan dinding yang pendek. Karena hal ini untuk memaksimalkan hasil pada saat proses pemanggangan nanti. Sementara untuk membuat kue basah, anda bisa menggunakan loyang dengan dinding yang tinggi.

  • Penggunaan tepung untuk membuat kue kering adalah yang memiliki kadar protein yang rendah. Karena tepung dengan kadar protein rendah tidak akan menyebabkan terjadinya gluten pada saat proses pembuatan kue nanti, yang pada akhirnya hasil kue kering yang dibuat akan sesuai dengan yang diinginkan. Lalu ketika anda akan menggunakan banyak tepung terigu, disarankan untuk memasukannya secara perlahan. Hal ini bertujuan agar tepung yang dimasukkan akan bercampur dengan baik. Apalagi untuk Resep Kue Nastar, sudah pasti anda akan membutuhkan hasil kue yang lembut.

  • Ketika anda hendak memasukan telur, disarankan untuk memecahkan telur dan atas wadah yang berbeda. Hal ini berguna agar anda bisa memastikan tidak kulit telur yang terlarut. Lalu apa bila yang dibutuhkan hanyalah kuning telur ataupun putih telurnya saja, pastikan bahwa anda memisahkannya dengan hati-hati, jangan sampai ada sedikit bagian lain telur yang terbawa. Karena hal ini nantinya akan merusak adonan yang anda buat. Sementara pada proses memasukannya, usahakan anda memasukan telur secara perlahan-lahan, atau satu demi satu.

  • Mengocok mentega atau margarin bersama gula sebaiknya dilakukan selama kurang lebih tiga menit saja. Hal ini supaya mencegah lemak dari hasil kocokan meleleh dan pada akhirnya membuat kue menjadi melebar. Seperti ketika anda hendak membuat kue muffins.

  • Ketika hendak mempersiapkan loyang untuk memanggang, lapisi loyang tersebut dengan margarin yang kemudian ditaburi tepung secara merata di seluruh permukaan dalam loyang.

  • Sebelum dimasukan ke dalam pemanggang, panaskan dahulu pemanggang selama kira-kira 15 menit. Hal ini bertujuan agar pemanggang sudah panas ketika adonan dimasukan. Memanggang kue sebelum pemanggang benar-benar panas malah akan membuat kue menjadi bantet.

  • Untuk proses pemanggangan, walaupun anda sudah suhu dan waktu yang tepat sesuai dengan resep kue kering yang anda baca, namun anda juga tetap harus memeriksakan sesekali untuk memastikan bahwa kue telah terpanggang sempurna.

Panduan Dalam Membuat Sayuran

Untuk membuat sayur, memang prosesnya tidak serumit saat membuat kue. Karena membuat sayur hanya membutuhkan beberapa bahan tertentu yang bisa didapat dengan mudah. Namun yang menjadi fokus utama dalam membuat sayuran adalah kesegaran bahan yang dibutuhkan. Untuk lebih tepatnya anda bisa mengikuti beberapa panduan berikut ini:

  • Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang masih segar. Karena sayur yang segar adalah sayur yang sehat.

  • Tidak lupa untuk selalu mencuci bahan-bahan sayuran dengan air yang mengalir. Sayur yang segar bukan berarti sayur yang bersih, mencuci sayur dengan menggunakan air yang mengalir akan membantu membersihkan sayuran dan berbagai kotoran.

  • Jika anda ingin menumis sayuran seperti Buncis, Toge dan kangkung, anda bisa bisa menumisnya selama kira-kira 3 – 4 menit. Lalu dilanjutkan dengan mendiamkannya dengan menutup panci selama kira-kira 2 menit.

  • Sementara untuk merebus sayuran, anda harus memastikan bahwa air sudah mendidih dulu sebelum memasukan sayuran. Jika sudah baru anda bisa memasukan sayuran dan merebusnya.

  • Dalam merebus sayuran ada baiknya anda mengurangi memakai garam. Memang penggunaan garam saat memasak sayuran dapat memberikan rasa yang baik serta mengeluarna warna sayuran, namun akan lebih baik jika anda menggunakan bahan lain seperti bawang putih untuk membuat rasa sayuran tetap sedap.

  • Untuk anda yang senang mengolah sayuran dengan cara menumis, usahakan tidak menumis sayuran terlalu lama. Karena hal ini akan membuat sayuran menjadi lembek dan berkurang nutrisinya. Pastikan anda menumis sayuran tidak terlalu lama, agar sayuran tidak berkurang kesegaran dan kandungan nutrisinya.

  • Beberapa jenis sayuran memang bisa dimakan dalam kondisi mentah. Seperti daun semangi, daun seledri, daun bawang, timun, tomat dan lainnya. Namun sebelum disajikan pastikan bahwa sayur-sayuran tersebut sudah dibersihkan dahulu dengan baik, untuk mencegah adanya kuman yang masih menempel pada sayuran.

Panduan-panduan membuat kue dan sayuran di atas memang bersifat umum dan mendasar. Karena untuk beberapa jenis kue atau sayuran akan membutuhkan teknik khusus dalam pembuatannya. Dan hal itu bisa anda temukan di berbagai resep-resep lainnya.

Seru-seruan yuk dengan peta mudik elevenia! Klik PETA MUDIK elevenia untuk tahu lebih lengkapnya!




Halaman Penuh Informasi Lainnya:

Kesehatan Puasa

Puasa dan Lebaran

Tips Cantik Hijab

Resep Lebaran

Info Arus Mudik

Artikel Ramadhan Terbaru:

Lagu Religi Islami

Menu Sahur dan Buka Puasa

Model Fashion Lebaran

Tiket Pesawat Murah

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Bahan Makanan

Perlengkapan Dapur

Buku Resep Makanan

Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)