Kesehatan di Bulan Puasa[01/06/2016 ~ 18/06/2021]

Kesehatan di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat muslim. Pada bulan ini seluruh umat muslim akan melakukan puasa sebagai wujud ibadah mereka. Selama kurang lebih tiga puluh hari anda akan mencoba menahan diri dari godaan untuk makan dan minum. Lalu ketika petang tiba, maka tiba saatnya untuk berbuka puasa dan menikmati sajian makan dan minuman yang bisa anda santap setelah seharian berpuasa.


Walaupun begitu, bagaimana dengan keadaan kesehatan kita selama bulan puasa? Selama berpuasa kita juga memang harus tetap menjaga kesehatan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun untuk beberapa hal tertentu, atau untuk menjaga kesehatan bisa saja anda berbuka lebih dahulu, dan puasa yang anda lakukan tidak dianggap batal. Perlu diketahui ada beberapa hal yang bisa membuat puasa anda tak bermanfaat. Hal-hal yang membatalkan puasa tersebut antara lain adalah:

Makan dan Minum selama masa berpuasa

Yang dimaksud di sini adalah anda secara sadar menyantap makanan dan minuman selama masa puasa. Untuk itu puasa yang anda sedang dilakukan akan dianggap batal dan anda harus menggantinya di hari lain. Namun jika anda secara tidak sadar atau tidak sengaja makan dan minum selama masa puasa, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa anda. Anda masih bisa melanjutkan puasa anda seperti biasa. Namun begitu jangan dijadikan hal tersebut dikondisikan ya, karena Tuhan tahu kok yang mana yang benar-benar kelupaan atau tidak sadar, dan yang mana yang pura-pura lupa.

Melakukan hubungan badan.

Untuk anda yang sekarang ini sudah berumah tangga, selama berpuasa ada baiknya anda mengurangi kegiatan ini. Karena melakukan hubungan badan selama masa puasa adalah dilarang. Apalagi untuk anda yang belum menikah, itu lebih haram lagi, bahkan walaupun bukan saat bulan puasa.

Hal-hal yang membatalkan puasa lainnya adalah muntah

Muntah disini adalah muntah yang dilakukan secara sengaja. Jika hal ini terjadi, maka puasa anda dianggap tidak sah. Namun jika muntah yang terjadi secara tidak sengaja atau karena alasan sakit, maka puasa yang dilakukan masih sah, anda bisa tetap lanjut berpuasa.

Mengalami menstruasi juga merupakan salah satu aspek yang menyebabkan puasa batal

Karena darah yang keluar dari tubuh itu akan menyebabkan puasa seseorang batal. Sehingga tidak disarankan bagi seorang perempuan yang sedang dalam masa datang bulan untuk melakukan puasa. Sebagai gantinya, puasa biasa dilakukan setelah masa datang bulannya berakhir. Salah satunya bisa dilakukan saat Puasa Syawal.

Bolehkan Menyikat Gigi Saat Puasa?

Lalu bagaimana ketika kita mengosok gigi dan berkumur-kumur saat puasa? Apakah itu juga akan membatalkan puasa? Menurut hukum sikat gigi saat puasa sebenarnya tidak akan membuat puasa anda batal, selama tidak ada pasta, atau cairan yang tertelan dan masuk ke perut. Namun karena hal tersebut agak sulit dilakukan, maka disarankan untuk tidak menyikat gigi selama berpuasa. Sebagai alternative anda bisa melakukan puasa pada saat sahur atau pada saat berbuka puasa. Dengan begitu kesehatan gigi anda tetap terjaga, dan bakteri pada mulut tidak akan berkembang terlalu banyak selama masa puasa.

Hukum Puasa bagi Ibu Menyusui

Hal lain yang juga perlu diketahui adalah bagaimana jika seorang ibu hamil atau menyusui ikut berpuasa. Apakah ibu tersebut harus melakukan puasa penuh atau tidak. Atau bagaimana jika seorang ibu yang hamil atau menyusui berpuka puasa. Bagaimana hukum puasa bagi ibu hamil atau menyusui? Pada dasarnya ibu menyusui atau hamil harus melakukan puasa. Namun jika selama menjalankan puasa ternyata sang ibu tidak sanggup atau merasakan lemas pada badannya. Maka sang ibu diizinkan untuk tidak berpuasa atau berbuka, dengan nantinya mengganti puasanya di hari lain ketika dirinya sanggup melakukan puasa penuh.


Sementara jika sang ibu yang sedang melakukan puasa dan dirinya khawatir akan keselamatan atau kesehatan anak atau calon bayinya selama berpuasa, masa sang ibu boleh berbuka puasa. Namun nantinya sang ibu harus mengganti puasanya tersebut dihari lain saat dirinya sanggup. Tidak hanya itu, sang ibu juga harus membayar fidyah. Fidyah ibu menyusui ini dibayarkan sebagai pengganti puasa yang batal dilakukan.


Untuk merasakan manfaat puasa dengan maksimal, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah kurma. Ya, buah yang sangat terkenal di masa Ramadhan ini memiliki banyak kebaikan untuk ibu hamil. Manfaat buah kurma bagi ibu hamil adalah sebagai penambah energi ekstra, pencegah anemia, serta dapat menjaga kesehatan pencernaan. Untuk bayi yang dikandung, khasiat kurma pun begitu besar, selain sebagai asupan penuh gizi, kurma dapat meningkatkan rangsangan pada saraf, menguatkan tulang, juga membantu pembentukan gigi.

Menelan Ludah Saat Puasa, Batalkah?

Untuk beberapa hal seperti menelan air liur atau ludah dan dahak, hal tersebut telah menjadi kontroversi untuk setiap informasinya. Ada yang menyebut boleh untuk menelan ludah ketika puasa namun juga ada yang kontra dengan pendapat tersebut. Karena ludah dan dahak disebut sebagai cairan yang dihasilkan oleh tubuh, maka menelannya tak akan menyebabkan batalnya puasa. Juga karena menelan ludah tidak akan menghilangkan rasa dahaga atau lapar yang menjadi tujuan dari berpuasa.


Hal ini senada dengan pertanyaan apakah menangis atau berdarah dapat membatalkan puasa? Tidak, berpegang dengan fakta bahwa cairan tersebut dihasilkan oleh tubuh sehingga tidak akan membatalkan puasa. Terkecuali mengalami menstruasi bagi para wanita.

Infus Membatalkan Puasa?

Pertanyaan yang sering dan masih penuh pro kontra berikutnya adalah apakah infus menyebabkan batalnya puasa? Ada dua pendapat untuk hal ini. Pertama, infus tak membatalkan puasa karena infus digunakan pada orang yang sedang sakit dan berguna sebagai pengganti makan dan minum. Kenapa tidak batal? Karena walau cairan tersebut masuk ke dalam tubuh, hendaknya melalui lubang yang terbuka secara alami di tubuh dan mendarat di lambung untuk membatalkan puasa seseorang. Namun, tidak dengan infus.


Yang kedua, infus membatalkan puasa, kenapa? Karena infus berfungsi sebagai pengganti makan dan minum yang dilarang ketika berpuasa, maka hukumnya sama dengan makanan dan minuman. Terbukti dengan bisa bertahan hidup selama berhari-hari hanya dengan infus, walau tanpa makanan atau minuman. Intinya, infus akan membatalkan puasa apabila kita masih segar dan sehat bugar tapi menggunakan infus dengan tujuan menghilangkan haus dan lapar.

Apakah Merokok Membatalkan Puasa?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah merokok menyebabkan batalnya puasa? Yang ini lebih sulit dijawab karena banyaknya dalil yang pro dan kontra. Pertama, kenapa membatalkan puasa? Karena rokok memiliki zat nikotin yang membahayakan tubuh serta ketika merokok, asap rokok berkemungkinan untuk mencapai lambung. Secara psikologis, merokok juga memberikan kenikmatan yang berkepanjangan atau efek kecanduan, efek yang sama dengan minuman keras dan narkotika. Ketika berpuasa bila hendaknya kita menahan nafsu, maka merokok telah membatalkan niatan puasa kita.


Yang kedua, merokok tidak membatalkan puasa, kenapa? Karena rokok adalah asap atau bukan bentuk padat ketika mencapai lambung. Beberapa fatwa di Indonesia hanya melarang untuk para anak-anak, remaja, wanita hamil, dan merokok di tempat umum agar tidak mengganggu kenyamanan non-perokok. Apabila tak ada efek kecanduan yang dilibatkan ketika merokok, maka merokok hanyalah sebagai sebuah kegiatan, bukan keinginan, dan hal tersebut tidak membatalkan puasa kita.

Kesimpulan

Menjelang bulan puasa yang suci ini, sebaiknya kita tetap menjaga diri dari segala hal yang dapat menyebabkan nafsu dan tetap menjaga kesehatan anda selama masa puasa berlangsung. Anda dapat mengalihkan pikiran kita ke hal-hal positif, seperti membaca buku, mengatur ulang ruangan, atau mencari promo terbaru dari elevenia. Karena selama bulan Ramadhan ini, elevenia akan terus memanjakan anda dengan berbagai promo menarik yang dapat membuat anda lupa waktu hingga adzan maghrib tiba! Semoga manfaat puasa dan hikmah puasa tetap didapat dengan kegiatan dan informasi positif ini, Selamat berpuasa dan belanja!

Seru-seruan yuk dengan peta mudik elevenia! Klik PETA MUDIK elevenia untuk tahu lebih lengkapnya!




Halaman Penuh Informasi Lainnya:

Kesehatan Puasa

Puasa dan Lebaran

Tips Cantik Hijab

Resep Lebaran

Info Arus Mudik

Artikel Ramadhan Terbaru:

Lagu Religi Islami

Menu Sahur dan Buka Puasa

Model Fashion Lebaran

Tiket Pesawat Murah

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Health

Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)