Info Arus Mudik[02/06/2016 ~ 06/06/2018]

Mudik Lebaran

Salah satu tradisi yang tidak pernah absen pada saat hari raya Lebaran adalah mudik. Tradisi mudik ini seperti menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh banyak umat muslim. Mudik sendiri merupakan tradisi dimana para warga pulang kembali ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama dengan keluarga besarnya. Tradisi mudik ini biasanya dilakukan serempak oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia menjelang hari lebaran. Apalagi libur lebaran yang ada akan diikuti dengan libur cuti bersama yang biasanya memakan waktu kurang lebih satu minggu.

Tujuan-tujuan mudik pun beraneka ragam. Semua itu tergantung dari lokasi tujuan mereka mudik, ada yang menuju pulau Sumatera, pulang Kalimantan, Sulawesi, Maluku, bahkan Papua.

Namun sebagian besar arus mudik yang berlangsung terjadi di pulau Jawa. Dimana sebagian besar warga Jakarta pulang ke kampung halamannya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan menggunakan jasa kereta api, bus, mobil pribadi maupun dengan menggunakan pesawat. Untuk para pemudik yang menggunakan jalur darat di pulau Jawa, pastinya tidak akan asing dengan Jalur Pantura, yang merupakan salah satu jalur paling sibuk selama masa mudik. Berbagai info mudik Jalur pantura pun akan marak terdengar di berbagai berita mudik membahas mengenai kepadatan arus mudik di jalur pantura.

Berbagai Model Mudik yang Ada

Mudik yang paling umum memang dilakukan lewat jalur darat, namun ternyata ada banyak juga loh model mudik lainnya yang belum anda ketahui. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengetahuinya sebagai berikut:


Mudik dengan Sepeda Motor

Mungkin saat ini mudik dengan sepeda motor masih banyak ditemukan. Mudik dengan menggunakan kendaraan beroda dua ini biasanya dilakukan oleh dua orang dewasa, atau dengan 2 anak jika yang mudik adalah keluarga. Tidak hanya itu pada bagian belakang jok motor juga biasanya ditambahkan jok tambahan atau alat tambahan guna menampung barang-barang bawaan mereka selama perjalan mudik.

Kelebihan mudik dengan menggunakan sepeda motor adalah anda bisa dengan mudah berhenti dimanapun setiap kali anda merasa lelah atau ingin beristirahat. Bahkan berhenti dipinggir jalan pun untuk makan sebentarpun bisa anda lakukan. Selain itu, keunikan lainnya adalah motor akan dengan

mudah melewati macet. Karena bodi motor yang mungil memudahkan pengendara untuk melewati celah-celah sempit antara mobil saat macet melanda. Walaupun demikian, sebenarnya pemerintah saat ini sudah menghimbau dan mengurangi kebiasaan mudik dengan menggunakan motor karena tingkat bahayanya yang cukup tinggi.


Mudik dengan Mobil

Untuk anda yang berkeluarga dan mempunyai mobil pribadi rasanya melakukan mudik dengan menggunakan mobil akan selalu menjadi pilihan yang tepat. Mudik dengan menggunakan mobil bisa dibilang salah satu model mudik paling umum dan paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika pada saat hari-hari mudik, jalan raya akan dipenuhi dengan mobil-mobil yang akan bertolak menuju dearah tujuan mudik masing-masing.

Manfaat utama dari melakukan mudik dengan menggunakan mobil adalah kemampuannya untuk membuat banyak orang dan banyak barang. Untuk mobil ukuran keluarga bisa diisi hingga 7 orang. Sementara barang-barang mudik bisa ditaruh diatap mobil. Atau jumlah penumpang yang dibawa lebih sedikit, barang-barang mudik anda bisa diletakan di jok belakang. Kemudian melakukan mudik dengan menggunakan mobil akan lebih menyenangkan serta bisa meningkatkan rasa kebersamaan dalam keluarga. Kelemahan dari mudik dengan mobil palingan adalah biaya bensin yang lebih besar dari biasanya. Kemudian macet yang terjadi dimana-mana, mengingat arus mudik dengan mobil ini masih menjadi primadona sampai sekarang ini.


Mudik dengan Bus

Mudik dengan bus sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, atau memang pada dasarnya tidak ingin capek menyetir. Mudik dengan bus memang akan lebih nyaman karena anda hanya perlu duduk manis di dalam bus yang nyaman dan biarkan supir bus yang membawa anda ke tempat tujuan anda. Untuk barang-barang bawaan anda tidak perlu khawatir, biasanya bus-bus untuk tujuan jarak jauh memiliki bagasi khusus untuk tempat menyimpan barang-barang bawaan anda.

Hal yang menyenangkan dari naik bus salah satunya sudah disebutkan diatas tadi, anda tidak perlu capek-capek nyetir. Selain itu karena anda melakukan perjalanan dengan banyak penumpang lain, sudah pasti akan terjadi silahturahmi antar sesama penumpang dengan tujuan yang sama. Hal ini lah yang bisa anda jadikan ajang saling bertukar cerita dan informasi antara sesama pemudik. Untuk kelemahannya, karena bus ini ditumpangi oleh banyak orang, sudah pasti ada waktu berangkatnya sudah ditentukan. Jadi pastikan anda tidak telat naik bus jika tidak ingin ketinggalan. Selain itu jalan yang macet juga menjadi salah satu problem yang akan menemani anda saat mudik dengan bus.


Mudik dengan Kereta Api

Untuk anda yang tidak ingin membawa kendaraan sendiri dan tidak suka kena macet, maka mudik dengan menggunakan kereta adalah pilihan yang tepat. Mudik dengan menggunakan kereta api juga merupakan salah satu model mudik yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan perjalaan kereta yang cepat, mulus dan tanpa macet. Anda hanya perlu duduk manis dan menikmati perjalanan menuju kota tujuan anda dalam laju kereta yang cepat tanpa kenal macet.

Sayangnya, karena banyak orang selain anda yang juga melakukan mudik dengan menggunakan kereta api, maka rebutan tiket kereta akan menjadi masalah yang akan anda hadapi. Untuk mengatasinya, membeli tiket dari jauh-jauh hari bisa menjadi jalan keluar anda untuk masalah ini.


Mudik dengan Kapal Laut

Jika model-model diatas hanya untuk perjalanan di dalam satu pulau saja, maka mudik dengan kapal lain dilakukan untuk anda yang memang mudiknya lintas pulau. Seperti mudik ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Papua dan masih banyak lagi. Dengan menaiki kapal lain, anda akan menikmati perjalanan laut yang tenang, menyenangkan di atas kapal yang besar. Kalau beruntung pada pagi atau sore hari anda bisa menikmati matahari tersebut dan matahari tenggelam di atas laut. Sementara untuk kelemahannya adalah, karena kapal laut tidak bisa melaju secepat kereta api atau mobil, maka waktu tempuhnya cenderung jauh lebih lama. Seperti jika anda ingin mudik dari Jakarta ke Padang, maka waktu perjalannya bisa sampai 2 hari dengan menggunakan kapal besar.


Mudik dengan Pesawat

Dari semua model mudik yang disebutkan diatas, maka mudik dengan pesawat adalah pilihan paling mewah untuk anda. Dimana anda tidak perlu menyetir kendaraan, tidak perlu terkena macet dan tidak perlu mengalami waktu perjalanan yang panjang. Mudik dengan pesawat akan memberikan anda waktu perjalanan yang singkat, serta kenyamanan yang lebih. Tidak hanya itu, anda juga bisa menikmati berbagai layanan eksklusif yang bisa anda dapatkan selama di perjalanan, seperti makan dan minum gratis, baca majalah gratis dan masih banyak lagi.

Kelemahan dari mudik dengan pesawat sudah pasti pada harga tiket yang sangat mahal. Apalagi jika anda mudik pada hari-hari menuju hari lebaran, sudah pasti tiket pesawat yang anda beli akan melambung sangat tinggi.

Tips Mudik yang Nyaman

Sebagai model mudik yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat, mudik dengan membawa mobil memang harus dilakukan dengan kondisi yang baik pula. Mulai dari kondisi tubuh anda yang segar, serta kondisi kendaraan yang prima. Perlu diingat bahwa aktivitas mudik lebaran merupakan aktivitas yang menguras waktu dan tenaga. Karena bukan saja soal jarak tempuh yang jauh dan lama perjalanan yang bisa memakan waktu harian, berbagai rintangan dan kendala pun bisa menjadi hambatan selama melakukan perjalanan mudik. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

  • Yang pertama adalah anda harus menyiapkan fisik dan psikis yang prima. Hindari anda melakukan perjalanan mudik saat kondisi badang tidak fit atau lelah, seperti saat pulang kerja. Sangat disarankan jika anda melakukan perjalanan mudik pada pagi hari saat kondisi badan dan pikiran sedang prima.

  • Jangan lupa anda menyiapkan berbagai keperluan selama dalam perjalanan. Jika anda anggota keluarga yang memiliki penyakit tertentu, pastikan bahwa persediaan obat-obatan telah siap dalam tempat khusus.

  • Untuk anda yang melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan Pribadi. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mobil dan perbaikan sebelum waktu berangkat mudik. Jangan lupa pula untuk mempersiapkan suku cadang yang mungkin akan dibutuhkan pada saat diperjalanan nanti.

  • Tidak ada salahnya jika anda mencari informasi dahulu mengenai situasi arus mudik terkini. Mengetahui situasi jalur mudik yang akan anda lalui akan membantu anda memilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan mudik. Tidak hanya itu, mempunyai petak mudik juga akan membantu anda untuk mendapatkan jalur alternatif jika jalur utama mudik yang anda lalui sedang terkena macet.

  • Pastikan ponsel dalam kondisi prima, disarankan pula untuk membawa charger mobil agar ponsel anda selalu berfungsi dengan baik selama diperjalanan. Hal ini berguna jika suatu saat anda mengalami masalah diperjalanan, anda bisa dengan mudah menghubungi bantuan untuk diri anda.

  • Untuk anda yang melakukan mudik bersama keluar dengan kendaraan Pribadi, jangan lupa menyiapkan makanan ringan serta minuman ringan yang bisa anda konsumsi selama di perjalanan. Jangan lupa pula untuk membawa beberapa CD music, film atau buku yang bisa menemani anda selama di perjalanan.

  • Untuk anda yang tidak memiliki kendaraan Pribadi, anda bisa memanfaatkan layanan mudik gratis yang diberikan oleh beberapa perusahaan atau instansi tertentu. Karena selain hemat biaya, biasanya mudik gratis seperti ini lebih aman.

Mudik Bareng elevenia

Untuk menemani mudik anda, elevenia telah menyiapkan promo menarik ketika anda sedang persiapan menuju kampung halaman. Akan ada banyak kebutuhan mudik yang penting dijual dengan harga miring untuk membantu anda mempersiapkan diri dalam mudik kali ini.

Bagi anda yang mudik melalui jalur darat, anda juga dapat melihat peta mudik elevenia yang disiapkan agar memudahkan anda dalam menemukan tempat wisata, tempat makan, bahkan posko mudik selama perjalanan panjang anda. Selamat mencoba! Klik. Cari. Hepi!

Seru-seruan yuk dengan peta mudik elevenia! Klik PETA MUDIK elevenia untuk tahu lebih lengkapnya!




Halaman Penuh Informasi Lainnya:

Kesehatan Puasa

Puasa dan Lebaran

Tips Cantik Hijab

Resep Lebaran

Info Arus Mudik

Artikel Ramadhan Terbaru:

Lagu Religi Islami

Menu Sahur dan Buka Puasa

Model Fashion Lebaran

Tiket Pesawat Murah

Selamat Hari Raya Idul Fitri



Customer Support close

Call Center : 1500 211

(Tanpa Kode Area)